Profil 5 Partai Demokrat Di Dunia

Profil 5 Partai Demokrat Di Dunia

  1. Partai Demokrat Di Indonesia Partai Demokrat adalah sebuah partai politik Indonesia. Partai ini didirikan pada 9 September 2001 dan disahkan pada 27 Agustus 2003. Pendirian partai ini erat kaitannya dengan niat untuk membawa Susilo Bambang Yudhoyono, yang kala itu menjadi Menteri Koordinator bidang Politik dan Keamanan di bawah Presiden Megawati, menjadi presiden. Karena hal inilah, Partai Demokrat terkait kuat dengan figur Yudhoyono. Partai ini pertama kali mengikuti pemilihan umum pada tahun 2004 dan meraih suara sebanyak 7,45% (8.455.225) dari total suara dan mendapatkan kursi sebanyak 57 di DPR. Dengan perolehan tersebut, Partai Demokrat meraih peringkat ke 5 Pemilu Legislatif 2004. Menjelang Pemilu 2004, popularitas partai ini cukup terdongkrak dengan naiknya popularitas Yudhoyono waktu itu. Bersama PKS, partai ini menjadi the rising star pada pemilu kedua di Era Reformasi itu. Popularitas partai ini terutama berada di kota-kota besar, dan di wilayah eks-Karesidenan Madiun, tempat Yudhoyono berasal. Dari hasil Pemilu 2009, Partai Demokrat menjadi Pemenang Pemilu Legislatif 2009. Partai Demokrat memperoleh 150 kursi (26,4%) di DPR RI, setelah mendapat 21.703.137 total suara (20,4%). Partai Demokrat meraih suara terbanyak di banyak provinsi, hal yang pada pemilu sebelumnya tidak terjadi, seperti di Aceh, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.
  2. Parta Demokrat di Amerika Serikat  Partai Demokrat Amerika Serikat (Democratic Party) adalah salah satu dari dua partai politik besar di Amerika Serikat; satunya lagi adalah Partai Republik. Partai Demokrat berhaluan tengah kiri/demokrat sosial meski kebijakan-kebijakannya tidak terlalu kiri dibandingkan dengan partai-partai buruh atau demokratis sosial di negara-negara lainnya. Di Amerika Serikat sendiri, partai ini dikenal sebagai partai yang lebih “liberal”, meski liberalisme ini merujuk kepada maknanya di Amerika Serikat.
  3. Partai Demokrat Di Thailand Partai Demokrat (Phak Prachathipat’) adalah partai politik tertua dan yang saat ini berkuasa di Thailand. Partai ini mendukung ideologi kanan tengah, royalis, dan secara sosial konservatif.Pada 2007, pemimpin partai ini, Abhisit Vejjajiva, memimpin partai untuk merangkul banyak kebijakan populis, yang terbukti populer oleh partai Thai Rak Thai. Setelah kudeta Thailand 2006, partai ini mendukung junta militer. Beberapa pemimpin partai seperti Somkiat Pongpaiboon dan Kasit Piromya juga memimpin Aliansi Rakyat untuk Demokrasi.Basis dukungan partai ini terpusat terutama di Bangkok dan Thailand Selatan. Partai Demokrat mulanya didirikan pada 1945 sebagai sebuah partai royalis yang beroposisi dengan partai-partai yang berafiliasi dengan Pridi Phanomyong. Pendiri Partai Demokrat Khuang Aphaiwong diangkat untuk waktu singkat sebagai perdana menteri sipil boneka pada masa pemerintahan diktatur Marsekal Plaek Phibulsongkram, tetapi mewakili oposisi dari 1952 hingga 1957. Partai ini juga praktis tidur pada masa pemerintahan diktatur Sarit Dhanarajata dan Thanom Kittikachorn (1957-1968). Partai kembali beroposisi dari 1968 hingga 1971, ketika Thanom menggulingkan pemerintahannya sendiri terhadap infiltrasi komunis. Ia menjadi partai oposisi hingga Seni Pramoj memimpin sebuah pemerintahan koalisi yang tidak stabil untuk waktu yang singkat pada 1975, dan kemudian sekali lagi pada 1976, selama pembantaian 6 Oktober 1976. Belakangan pada masa pemerintahan Prem Tinsulanonda (1980-1988), kembali partai ini menjadi oposisi. Dipimpin oleh Chuan Leekpai, partai ini memimpin pemerintahan koalisi dua kali pada pada 1990an, dari 1992-1995 dan 1997-2001. Partai ini beroposisi pada masa jabatan Thaksin Shinawatra pada 2001-2006. Pemimpin partai saat ini adalah Abhisit Vejjajiva. Partai ini menjadi anggota Dewan Liberal dan Demokrat Asia, sebuah aliansi dari partai-partai yang menyatakan dirinya liberal di seluruh wilayah ini.
  4. Partai Demokrat Di Uganda Partai Demokrat adalah partai politik konservatif moderat di Uganda. Partai ini dipimpin oleh Paul Ssemogerere selama 25 tahun sampai ia pensiun pada November 2005. John Ssebaana Kizito, Walikota Kampala, terpilih sebagai Presiden Jendral Partai pada 28 November 2005. Dalam pemilihan umum Uganda 2006 tanggal 23 Februari 2006, partai ini memenangkan 8 dari 289 kursi. Dalam pemilihan presiden, Kizito memenangkan 1.6 % dari suara.
  5. Partai Demokrat di Siprus Partai Demokrat Siprus adalah sebuah partai politik liberal di Siprus. Partai itu dibentuk pada tahun 1976. Partai itu dibentuk oleh Spyros Kyprianou. Pemimpin partai adalah Tassos Papadopoulos. Pada pemilihan umum kepresidenan 2002, Tassos Papadopoulos — sang kandidat partai — menang dengan 213.353 suara (51.5%). Organisasi pemuda partai ialah ΝΕΔΗΚ. Dalam pemilihan umum 2006, partai itu meraih 75.458 suara (17.9%, 11 kursi). Partai itu memiliki 1 kursi di Parlemen Eropa.

Supported By

KORAN DEMOKRASI INDONESIA Yudhasmara Publisher Media Informasi dan Edukasi Demokrasi, Hukum, Politik dan Hak Asasi Manusia Aspirasi Rakyat Sipil Merdeka. Warnailah Indonesia dengan Demokrasi sejati, Politik sehat dan Hukum berpihak bagi semua. Berdemokrasilah dengan Cerdas, Jujur dan Beretika Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Pusat Phone : (021)  5703646 email : judarwanto@gmail.com http://demokrasiindonesia.wordpress.com/

Copyright @ 2014 Koran Demokrasi Indonesia. Information Education Network

 

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Politik dan tag . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s